Berita  

Oknum Kades di Blora Ditangkap Petugas Kepolisian Diduga Korupsi Dana Desa

Oknum Kades di Blora Ditangkap Petugas Kepolisian Diduga Korupsi Dana Desa

Blora – mediapatriotindonesia.com
Kepala Desa Nglebur Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora R (51), Yang Sempat melarikan diri ke Lampung ditangka Satreskrim Polres Blora dirumahnya karena melakukan penyimpangan Dana APBDes Tahun 2022, kata Kasat Reskrim Polres Blora AKP Selamet saat Konferensi Pers di Aula Aryaguna Polres Blora, Kamis, (21/9/2023) Siang.

Bulan Mei lalu Tim Penyelidik Satreskrim Polres Blora melakukan penyelidikan dan pemeriksaan juga pengumpulan Bukti Dugaan Penyimpangan dana tersebut, selanjutnya dari hasil penyelidikan, R selaku Kepala Desa selama 3 Tahun di Desa Nglebur, yang mana Tahun 2022 melaksanakan Pembangunan menggunakan APBDes Tahun 2022 namun ternyata tidak dilaksanakan tetapi anggaran tersebut sudah berkurang.

“Laporan pembangunan menggunakan anggaran APBDes Tahun 2022 dilakukan pada bulan Juli hingga Desember 2022, beberapa pembangunan yang dilaporkan seperti RTLH, TALUD, JUT dan beberapa pembangunan yang lain, ternyata secara fisik tidak ada. Ada sebagian kegiatan yang sudah dibelikan Material tapi pembanugnannya juga tidak ada.” Kata AKP Selamet.

Baca Juga  PMI Blora Gelar Diseminasi Kepalangmerahan Dan Halal Bihalal Bersama Pengurus Dan Relawan

Modus yang dilakukan Kades ini memberitahu kepada Bendahara OF, Bahwa dana APBDes akan turun dan dipinjam, kemudian kedua orang tersebut pergi ke Bank untuk melakukan pencairan dana, kemudian Bendahara Desa diminta untuk membuat berita acara bahwa anggaran tersebut digunakan seolah-olah untuk kepentingan yang lain.