Berita  

Kali Ciherang di Kabupaten Bekasi Diduga Tercemar Limbah Berbusa, Penyebab Belum Diketahui

Kali Ciherang di Kabupaten Bekasi Diduga Tercemar Limbah Berbusa, Penyebab Belum Diketahui

Bekasi – Media Patriot Indonesia.com
Pencemaran lingkungan yang memprihatinkan kembali terjadi di Kabupaten Bekasi kali ini Kali Ciherang yang tercemar limbah berbusa dan hitam airnya. Penyebab pasti dari kejadian ini masih belum diketahui. Masyarakat setempat  yang pertama kali menemukan kejadian ini dan segera merekamnya pada tanggal 17 Juni 2023.

Dalam unggahan video yang diambil oleh seorang warga di wilayah Sukamakmur, Kecamatan Sukakarya, Kabupaten Bekasi, terlihat air Kali Ciherang berwarna hitam dan berbusa. Warga yang merekam video tersebut berkomentar, “Assalamuallaikum Wr. Wb. Saya ingin melaporkan kondisi Kali Ciherang, dimana air di bendungan tujuh caringin hari ini terlihat hitam dan berbusa. Sepertinya setiap kali hujan turun, ada pembuangan limbah yang mencurigakan. Ini sudah sangat memprihatinkan.”

Dengan kejadian ini, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi diharapkan dapat segera mengambil langkah-langkah cepat untuk menyelidiki zat-zat apa yang terkandung dalam air Kali Ciherang yang berbusa dan berwarna hitam tersebut.

Baca Juga  Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Membuka Seleksi Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Madya dan Pratama.

“Iya, dari hulu ke hilir, diduga limbah berasal dari kawasan yang masuk ke Gemalapik, kemudian melanjutkan alirannya ke Cilemahabang, dan berakhir di laut,” ungkap sopian LSM GMB DPD KABUPATEN BEKASI.

Pencemaran yang terjadi di Kali Ciherang ini menimbulkan keprihatinan besar di kalangan masyarakat setempat. Para pihak terkait diharapkan dapat segera melakukan investigasi menyeluruh untuk mengidentifikasi penyebab pencemaran ini serta mengambil tindakan yang diperlukan untuk mencegah terulangnya kejadian serupa di masa depan. Kebersihan dan kualitas lingkungan hidup harus menjadi prioritas utama demi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.