Berita  

WISATA ADEN TEMBONG AGUNG SUMEDANG RAWAT DAN KENANG SITUS PRABU AJI PUTIH

WISATA ADEN TEMBONG AGUNG SUMEDANG RAWAT DAN KENANG SITUS PRABU AJI PUTIH

SUMEDANG Mediapatriotindonesia.com, Wisata Aden Tembong Agung diambil dari sebuah nama anak Prabu Guru Aji Putih yang bernama Aden Surya Kencana dan digabungkan dengan nama Kerajaan Tembong Agung. Lokasi wisata berjarak sekitar 3 kilometer dari Jalan Raya Darmaraja atau berjarak sekitar 15 kilometer dari jantung Kota Sumedang.

Objek Wisata Aden Tembong Agung mulai beroperasi sejak pertengahan Januari 2024. Tepatnya Wisata ini berlokasi di Jalan Aden Surya Kencana, Kampung Ciduging, RT 02/RW 03, Desa Tarunajaya, Kecamatan Darmaraja, Kabupaten Sumedang yang hanya berjarak sekitar 1 kilometer dari Situs Eyang Prabu Aji Putih.

Makam Prabu Guru Aji Putih berlokasi di Kampung Cipeueut, Désa Cipaku, Kecamatan Darmaraja. Prabu Aji Putih ialah raja pertama Kerajaan Tembong Agung yang merupakan cikal bakal Kerajaan Sumedang larang.

Baca Juga  Diikuti Lebih Dari 23 Ribu Peserta,Kabupaten Bekasi Pecahkan Rekor Muri Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional

Wisata Aden Tembong Agung dengan luas sekitar 2.800 meter persegi. Tersedia area parkir luas mampu menampung kapasitas 50 unit mobil di tiga tempat parkir yang berdekatan. Baik mobil maupun motor tidak dipungut biaya parkir.

Owner sekaligus pengelola Objek Wisata Aden Tembong Agung, Sahman Abdul Ghapur mengatakan bahwa Pembukaan Objek Wisata Aden Tembong Agung ini berawal dari keprihatin melihat kondisi Situs Prabu Guru Aji Putih lantaran selama ini turut tergenang Bendungan Jatigede, ia pun mengajak kepada para pemimpin dan tokoh masyarakat Kabupaten Sumedang agar tetap bersama-sama menjaga berbagai situs peninggalan sejarah. Khususnya Situs Eyang Prabu Aji Putih agar lebih dikenal masyarakat luas dan tidak terlupakan oleh generasi selanjutnya.

Penulis: Aep Sunarya Kabiro Sumedang Editor: Admin