Berita  

Wayang Krucil Di Maknai Sebagai Pusaka Desa Janjan – Jiken Blora Dan Salah Satu Kearifan Lokal

Wayang Krucil Di Maknai Sebagai Pusaka Desa Janjan – Jiken Blora Dan Salah Satu Kearifan Lokal

Blora -mediapatriotindonesia.com

Kearifan lokal desa Janjang Kecamatan Jiken,Kabupaten Blora atau di kenal dengan manganan,yang dimaknai sebagai wujud rasa syukur kepada yang maha kuasa atas limpahan rejeki dari Allah SWT.

Acara berjalan lancar dan tertib hingga sampai puncak penghujung acara pada hari Jumat,(03/03/2023)

Para pengujung bukan dari masyarakat blora saya melainkan dari desa nglateng, jamprong kecamatan kenduruan kabupaten tuban.

Wujud syukur dengan di adakannya manganan juga ada kesenian jawa yang di kenal dengan wayang krucil dengan alunan musik yang membuat banyak orang terpukau ki dalang noko dari desa janjang kecamatan Jiken Blora.
Selain itu ada tempat gedong sebagai sakral untuk ziarah.

Baca Juga  DI PASANG MENEMPEL KE PONDASI LAMA, VOLUME PEKERJAAN TPT DINAS PU BINAMARGA DI WILAYAH PLERED BERPONTENSI KURANG

Dalam acara dihadiri oleh Forkompimcam Kecamatan Jiken,Kabupaten Blora serta para pengunjung yang berasal dari kabupaten lain.

Bupati Blora Arief Rohman mengapresiasi agar masyarakat Janjang lebih berkreasi lagi,dan mewujudkan cita-cita Warga Desa Janjang untuk melestarikan kearifan lokal menjadi khasanah,berbagi sesama, kekayaan untuk masyarakat desa Janjang.

Bupati juga berharap masyarakat Janjang lebih makmur, guyub rukun dan gemah ripah dan dengan acara ini bisa juga membuka lapangan pekerjaan yaitu ada parkir, jualan makanan, minuman, pakaian. Kedepannya kita akan pusatkan lagi supaya lebih besar lagi untuk menyemangati masyarakat desa Janjang.tandasnya

Penulis: LilisEditor: Novia