Berita  

Tim Penggerak PKK Kelurahan Tambahrejo Blora Adakan Pelatih Pengolahan Sampah Jadi Kompos

Tim Penggerak PKK Kelurahan Tambahrejo Blora Adakan Pelatih Pengolahan Sampah Jadi Kompos

Blora- mediapatriotindonesia.com Minggu (22/01/2023) Kelurahan Tambahrejo Kecamatan Blora Kabupaten Blora mengadakan pelatihan pembuatan Pupuk kompos di ruang gedung TPS3R.

Di dalam kegiatan ini diikuti oleh Ketua Rt, Rw, pengurus bank sampah, dan ibu – ibu PKK dan Bank sampah induk (BSI) di Kelurahan Tambahrejo.
Acara yang langsung di narasumber oleh petugas dari DLH (Dinas Lingkungan Hidup) Kabupaten Blora berjalan aman dan lancar.

Adapun bahan untuk pembuatan Pupuk kompos yaitu, Daun mimba, bonggol pisang, urin kelinci, tetes tebu, air kelapa, air leri(beras), daun pisang di rajang kemudian di masukkan ke mesin Penggilingan setelah di campur jadi satu dan difermentasikan dan untuk mengaplikasikan pupuk tersebut menunggu satu minggu baik pupuk yang cair maupun pupuk padat.

Baca Juga  Tiba Masa Purna Tugas, Irwasda Polda Jateng Brigjen Pol Drs.Untung Sudarto Pamit Undur Diri

Kalur Tambahrejo Marthin Ukie Andhana mengucapkan terimakasih kepada DLH karena sudah memfasilitasi pelatihan pembuatan Pupuk kompos di Kelurahan Tambahrejo dan berharap dgn kegiatan ini jangan hanya pelatihan saja tetapi sudah dipraktekkan dan uji cobakan di lahan samping TPS3R.Semoga kedepannya bisa menjadi contoh untuk Desa lainnya. ucapnya.

Sedangkan menurut Ketua BSI melalui Bendaharanya Khamani menjelaskan dengan adanya sosialisasi pelatihan pembuatan Pupuk kompos yang di fasilitasi oleh DLH Blora sangat bermanfaat bagi warga Desa Tambahrejo dan tentang pembuatan juga di selingi dengan ceramah agama dan harapan kami untuk bank sampah di Kelurahan Tambahrejo berjalan dan bisa menjadi contoh Kelurahan lainnya. jelasnya.

Penulis: Himawan Kabiro BloraEditor: Admin