Berita  

Silaturahmi Akbar: Peran Serta BPD dalam Membangun Desa

Silaturahmi Akbar: Peran Serta BPD dalam Membangun Desa

Kabupaten Bandung – mediapatriotindonesia.com

Dalam sebuah forum silaturahmi akbar, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dari Kecamatan Ibun dan Bintek menegaskan peran krusialnya dalam pembangunan desa.

Kegiatan dihadiri oleh Camat Ibun, SekCam Ibun, Kapolsek Ibun, Danramil Paseh-Ibun, kasi Kecamatan Ibun, Perwakilan PT.PGE Kamojang, PT.Indonesia Power, Kepala Desa, dan anggota BPD dari 12 desa Kecamatan Ibun. Agus Bintang, salah seorang pemimpin BPD, menekankan pentingnya peran BPD sesuai fungsi dan menjauhi perselisihan dengan kepala desa.

Menurut Agus, kesatuan antara BPD dan kepala desa adalah kunci untuk menghasilkan desa yang maju. “Ibun bersatu akan menjadi yang pertama karena Desa lahir atas legitimasi BPD. Pembentukan P2KD dan eksistensi BPD saling melengkapi,” ungkap Agus.

Baca Juga  Tanamkan Disiplin, Babinsa Latih PBB Siswa MTs Al Anwar 2 Sarang

Dia menekankan pentingnya rasa memiliki dan bersatu untuk mensejahterakan masyarakat. “Ibun ngahiji sangkan jadi hiji, kudu aya rasa rumasa ngasejahterakeun masyarakatna aya BPD teh ngajadikeun desa lewih maju,” tambahnya.


Agus juga merinci bahwa pemahaman BPD Kecamatan Ibun harus sesuai dengan peran dalam perencanaan pembangunan di setiap desa. “BPD harus bisa dan berfungsi sesuai perannya dalam perencanaan pembangunan di tiap desa masing-masing,” pungkasnya. Forum silaturahmi ini menjadi wadah untuk memastikan sinergi dan kolaborasi yang optimal antara BPD dan pemerintahan desa dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan.