Serah Terima dan Peresmian Alat Solar Dryer Dome di Desa Tarumajaya: Kolaborasi Telkom University dan Kemendikbud Riset Dikti

Serah Terima dan Peresmian Alat Solar Dryer Dome di Desa Tarumajaya: Kolaborasi Telkom University dan Kemendikbud Riset Dikti

Bandung – mediapatriotindonesia.com
Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, serah terima dan peresmian Alat Solar Dryer Dome, sebuah inisiatif kolaboratif antara Telkom University dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Riset Dikti). Acara ini dilangsungkan di Bale Sawala Situ Cisanti, desa setempat.

Alat Solar Dryer Dome diberikan kepada Desa Tarumajaya setelah Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK ORMAWA) dari Telkom University mendalami kebutuhan dan permasalahan di lapangan, khususnya terkait peningkatan kualitas kopi. Dengan melibatkan mahasiswa/i yang berkomitmen, riset berbulan-bulan dilakukan untuk memahami kondisi di lapangan dan menciptakan solusi yang tepat.

Kepala Desa Tarumajaya, Ahmad Ikhsan SE, dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Telkom University atas kepeduliannya terhadap lingkungan dan masyarakat desa. Ia menyoroti bahwa bantuan ini merupakan langkah konkrit setelah sebelumnya desa menerima bantuan lainnya, termasuk Incinerator dan Aqua Vonik.

Baca Juga  Indonesia - Jepang Lanjutkan Kerja Sama Sektor Digital

“Telkom University telah memberikan bantuan sebanyak tiga kali, yang pertama Incinerator, yang kedua Aqua Vonik, dan yang ketiga Solar Dryer Dome,” ujarnya. Acara serah terima ini juga bertepatan dengan Hari Tanam Sedunia pada tanggal 21 November.

Ikhsan mengungkapkan harapannya agar alat Solar Dryer Dome ini dapat memberikan solusi efektif, terutama dalam menghadapi tantangan pengeringan biji kopi selama musim hujan. Desa Tarumajaya, yang merupakan penghasil kopi besar di wilayah Kecamatan Kertasari, berharap dapat meningkatkan kesejahteraan petani kopi dengan bantuan ini.