Sekjen Kemhan RI Dukung Inisiatif Pertahanan JASMINE di Forum Pertahanan ASEAN-Jepang

Sekjen Kemhan RI Dukung Inisiatif Pertahanan JASMINE di Forum Pertahanan ASEAN-Jepang

Jakarta – mediapatriotindonesia.com
Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan Republik Indonesia, Donny Ermawan Taufanto, M.D.S., M.S.P. menghadiri The 13th Japan-ASEAN Defence Vice-Ministerial Forum (JADVMF) yang berlangsung di Tokyo, Jepang (30/1). Forum ini merupakan inisiatif tahunan Jepang untuk memperkuat kerja sama pertahanan dengan negara-negara ASEAN. Dikutip dari laman menhan.

Delegasi Jepang dipimpin oleh ADSOM Plus Leader Jepang yaitu Mr. Serizawa Kiyoshi yang menjabat Wakil Menteri Pertahanan untuk Urusan Internasional dan delegasi Indonesia dipimpin oleh ADSOM Leader Indonesia yaitu Sekjen Kemhan RI Donny Ermawan Taufanto, M.D.S., M.S.P. Sementara dari ASEAN, para ADSOM Leader hadir, kecuali Myanmar, bersama Timor-Leste dan Sekretariat ASEAN.

Pertemuan ini berfokus pada penyampaian Prakarsa Tingkat Menteri Jepang-ASEAN untuk Peningkatan Kerja Sama Pertahanan (Japan-ASEAN Ministerial Initiative for Enhanced Defense Cooperation / JASMINE) yang diinisiasi oleh Pemerintah Jepang pada Desember 2022 sebagai bagian dari pengembangan strategi pertahanan Jepang.

Baca Juga  Edarkan Sabu Sabu di Blora, Seorang Pria Asal Rembang Diamankan Petugas

JASMINE memiliki empat pilar utama yaitu Jepang-ASEAN melakukan upaya bersama dalam menciptakan lingkungan keamanan yang menolak perubahan status quo secara sepihak dengan kekerasan atau paksaan, melanjutkan dan memperluas kerja sama pertahanan Jepang-ASEAN, memperdalam persahabatan dan peluang antara pejabat pertahanan kedua pihak, serta mendukung kerja sama pertahanan antara negara-negara ASEAN, Jepang, dan negara-negara di Pasifik.