Berita  

Sedekah Bumi Desa Bacem Kecamatan Jepon, Blora

Sedekah Bumi Desa Bacem Kecamatan Jepon, Blora

Blora – mediapatriotindonesia.com
Tradisi Sedekah Bumi adalah ritual tradisional Masyarakat yang populer di Indonesia khususnya pulau jawa. Blora adalah salah satu Kabupaten yang masih meneruskan tradisi ini. Khususnya Desa Bacem Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora yang dilaksanakan di Rumah Kepala Desa Bacem dan Punden Soko pada hari Jumat,(19/05/2023).

Sedekah Bumi, Nyadran, atau Manganan sebutan dari masyarakat setempat, merupakan wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa setelah menerima hasil bumi yang melimpah. Tradisi ini sudah berlangsung turun temurun dari nenek moyang.

Acara di hadiri oleh ibu Kepala Desa Bacem, Bhabin Kamtibmas, Babinsa, Dinas PMD, Tokoh masyarakat Desa Bacem, RT, RW, serta perangkat desa setempat dan semua warga desa Bacem sehingga acara berjalan tertib dan lancar.

Kades Bacem Sarmini berharap melalui tradisi ini seluruh warga Desa Plantungan di beri limpahan rejeki dan di jauhkan dari bahaya oleh Yang Maha Kuasa. Sedekah bumi juga untuk mempererat persaudaraan antar warga, tuturnya.

Selain itu sedekah bumi juga bertujuan meneruskan atau melestarikan budaya jawa. di desa kami Desa Bacem setiap tahunnya pasti mengadakan kegiatan tradisional dengan hiburan Kethoprak. Yang di laksanakan pada siang dan malam hari.

Lanjut Kades Bacem juga mengudang para warga untuk hadir menyaksikan kethoprak Ceplis asal desa Turi Jepon Blora. Pungkasnya

Salah satu warga pak mo mengucapkan banyak terimakasih kepada Tuhan Yang Maha Esa, Karena selama beberapa tahun tidak bisa melaksanakan sedekah bumi secara besar besaran seperti saat ini karena wabah Covid 19.” ucapnya.

Penulis: LilisEditor: Redaksi