Budaya  

Ribuan Masyarakat Saksikan Rampak Seni Barongan di Cepu

Ribuan Masyarakat Saksikan Rampak Seni Barongan di Cepu

Blora – mediapatriotindonesia.com
Ribuan masyarakat saksikan pentas Rampak Seni Barongan Blora, yang digelar dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Blora ke -274 Kabupaten Blora, di Taman Tuk Buntung, Cepu, Kamis malam (21/12/23).

Meski pementasan Barongan dari Sedulur Barongan Kecamatan Cepu dan didukug 15 paguyuban kesenian Barongan lainnya, dimulai malam hari, yakni sekitar pukul 20.00 WIB, namun satu jam sebelumnya, penonton sudah banyak memadati lokasi.

Mereka datang dari Cepu dan sekitarnya. Mulai dari balita, anak-anak, remaja, hingga dewasa, tampak antusias menyaksikan pementasan barongan tersebut. Bahkan sesekali riuh gelak tawa muncul dari penonton, ketika penari Barong sesekali melontarkan candaan.

Bupati Blora H. Arief Rohman, bersama Forkopimda Blora hadir secara langsung untuk menyaksikan pagelaran Rampak Barongan Blora tersebut. Dia berharap, adanya pementasan tersebut bisa semakin menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap kesenian daerah. Sekaligus sebagai bentuk apresiasi terhadap para pelaku kesenian Barongan Blora.

Baca Juga  Diduga Lakukan Tindak Pidana Pencabulan, Z, Seorang Pria Asal Blora Terancam 12 Tahun Penjara

Disampaikan, kesenian barongan merupakan salah satu kekayaan budaya Kabupaten Blora. Jumlah grup barongan di Blora ini ada ratusan, maka dari itu Blora juga mendapat julukan sebagai kota Barongan. ‘’Kekayaan budaya ini harus kita cintai. Ini adalah sebagai bentuk apresiasi terhadap bakat dan kreativitas para pelaku kesenian,” papar Bupati Arief.