Berita  

Ramadan Bulan Kepyur, Sedekah Dan Berbagi

Ramadan Bulan Kepyur, Sedekah Dan Berbagi

Blora -mediapatriotindonesia.com Suasana Ramadan yang telah memasuki hari ke 20 tanggal 10 April 2023 di Masjid Nurul Falah Perumnas RW V Kelurahan Karangjati Kabupaten Blora Jateng masih disambut oleh jemaah dengan antusias yang tinggi dan spirit keimanan yang mantap.

Sebelum salat tarawih agenda kegiatannya adalah pengisian kultum (kuliah tujuh menit) dengan nara sumber atau penceramah berasal dari jemaah sendiri yang telah ditunjuk dan dijadwalkan oleh penitia amalan Ramadan 1444 H Masjid Nurul Falah.

“Untuk yang ketiga kali saya menyampaikan kultum, kali ini dengan tema Ramadan adalah bulan Kepyur/Sedekah/Berbagi,” kata Bambang Sulistya tokoh masyarakat setempat, Rabu (12/4/2023).

Dijelaskannya, selama ini Ramadan selalu disebut bulan ibadah karena aktivitas ibadah di bulan Ramadan makin meningkat baik ibadah wajib maupun sunah.

Baca Juga  BATU SUNGAI DI DUGA DI GUNAKAN PADA PROYEK REHABILITASI BENDUNG NAGRAK KEC DARANGDAN

Dengan peningkatan ibadah berarti pencegahan diri kita terhadap kemungkaran dan kemaksiatan makin intensif dan diharapkan kita menjadi orang orang yang berhtaqwa.

Sehingga setelah Ramadan nanti tingkat kedisiplinan kita dalam melaksanakan ketentuan Allah dan meninggalkan larangan laranganNya akan semakin baik.

“Ada yang memaknai Ramadan bulan dakwah karena dalam bulan Ramadan kegiatan dakwah meningkat baik masjid, mushola, perkantoran, kampus maupun dakwah yang dilakukan di media massa,” ungkapnya.

Seperti di masjid Nurul Falah dalam bulan Ramadan kultum dilaksanakan dua kali, yaitu sebelum salat tarawih dan sesudah salat Subuh berjamaah.

Penulis: LilisEditor: Novia