Berita  

PPDI Dan KND Berikan Apresiasi Kemenag Akan Pertegas Haji 2025 Tagline Ramah Disabilitas

PPDI Dan KND Berikan Apresiasi Kemenag Akan Pertegas Haji 2025 Tagline Ramah Disabilitas

Jakarta – Media Patriot Indonesia

Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas, menyatakan bahwa mulai tahun depan Kemenag akan mencantumkan tagline Ramah Disabilitas, selain Lansia. Komitmen tersebut disampaikan Amirul Hajj 2024 itu dalam kunjungannya ke salah satu pemondokan haji di Sektor 3, Syisah, Mekkah, Kamis (20/06), dalam rangka menemui Putri Aura, seorang jamaah haji penyandang disabilitas netra

Usai berbincang-bincang hangat dengan Aura, Gus Yaqut, yang didampingi oleh sejumlah Pejabat Kemenag, menyatakan bahwa para penyandang disabilitas perlu perlakuan khusus, sehingga Kemenag perlu memiliki kemampuan yang memadai serta persiapan yang optimal untuk menangani mereka.
Karenanya sejak penyelenggaraan haji tahun 2022, Kemenag sudah belajar untuk memberikan pelayanan kepada penyandang disabilitas. “Meskipun belum mencantumkan tagline disabilitas secara langsung, tahun ini sudah kita mulai (melayani disabilitas). Insya Allah tahun depan kita akan pertegas tagline Haji Ramah Disabilitas ini,” ujar Menteri yang didampingi Sang Istri, Eny Retno Yaqut.

Baca Juga  Respon Cepat Atasi Sampah Kali Ciherang, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi Dapat Apresiasi Dari Masyarakat Karangbahagia

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Komisi Nasional Disabilitas RI (KND), Deka Kurniawan, menyampaikan komitmen dan kesiapan lembaganya untuk mendukung persiapan Haji Ramah Lansia dan Disabilitas tahun depan. Menurutnya, sebagai Lembaga Negara yang memiliki legitimasi dalam isu disabilitas, KND memang berkewajiban memberikan dukungan kepada semua Kementerian/ Lembaga serta masyarakat. “Terimakasih Gus Menteri, karena dalam waktu dekat insya Allah KND dan Kemenag akan melaksanakan MoU,” lapor Deka yang menyambut Gus Menteri di Hotel Romance House tersebut.
Kuota Afirmasi Disabilitas
Dalam kesempatan itu, Deka juga menyampaikan apresiasinya kepada Kemenag. Menurut Komisioner KND itu, penyelenggaran haji tahun ini sudah lebih memberikan perhatian kepadanya jamaah haji penyandang disabilitas. “Dengan menemui Aura secara khusus, menunjukkan bahwa Gus Menteri dan Kementerian Agama sangat concern terhadap pemenuhan hak disabilitas dalam haji,” tutur Deka,pada Sabtu,22/06/2024.

Penulis: Redaksi Editor: Admin