Berita  

Pilkada 2024 Kabupaten Bekasi Emosional Kah kau Atau Rasional Mari Kita Telisik

Pilkada 2024 Kabupaten Bekasi Emosional Kah kau Atau Rasional Mari Kita Telisik

Bekasi – Media Patriot Indonesia

Karakteristik pemilih dalam pilkada (pemilihan kepala daerah) Kabupaten Bekasi merupakan dinamika politik. Dari masa ke masa, perilakunya berubah-ubah dan menjadi suatu gejala yang komplek.

Calon kepala daerah yang berasal dari kelompok identitas primordial tertentu belum tentu bisa menarik suara mayoritas di kelompoknya sendiri. Terlebih, jika tidak menguasai karakter pemilih yang menjadi andalan kemenangan di Pilkada tahun 2024 mendatang.

Seperti apa karakter pemilih di Pilkada Kabupaten Bekasi tahun 2024 ? Berikut telisik awak media berdasarkan rekam jejak pilkada Kabupaten Bekasi pada periode-periode sebelumnya.

Dalam analisa ini, penulis membedakan dua karakter pemilih yang cukup menentukan kemenangan pasangan calon Kepala Daerah dan calon Wakil Kepala Daerah.

Baca Juga  Kapolres Blora Dicurhati Komunitas Difabel Saat Kegiatan Jum'at Curhat

Karakter pertama adalah pemilih emosional yang menentukan pilihan calon pemimpinnya berdasarkan kesukaan dan ketidaksukaan.

Lalu, pemilih rasional yang lebih mempertimbangkan faktor-faktor lainnya, terutama kualitas personal calon.

Secara teoritik, faktor agama, etnik, gender, usia, pendidikan dan pendapatan dipercaya sebagai elemen penting dalam pembelahan sosial yang mempengaruhi perilaku pemilih.

Selanjutnya pemetaan wilayah pemilih menjadi faktor lainnya yang cukup menentukan dalam “penetapan pasangan calon Kepala Daerah dan Calon Wakil Kepala Daerah”.

Penulis: Redaksi Editor: Admin