Berita  

Petani Karang Bahagia Menjerit Sawah Terkena Pencemaran Air Limbah Pabrik

Petani Karang Bahagia Menjerit Sawah Terkena Pencemaran Air Limbah Pabrik

Bekasi -Media Patriot Indonesia

Pencemaran limbah industri pengaruhi hasil petani di Desa karang Rahayu dan Karangsetia Aliran irigasi nampak berwarna hitam akibat tercemar limbah pabrik di Kabupaten Bekasi Sabtu (8/6/2024)

Kendati Petani di Desa Karangrahayu dan desa karangsetia Kecamatan Karangbahagia, Kabupaten Bekasi sudah lama mengeluhkan tingginya tingkat kontaminasi limbah pabrik yang berdampak terhadap hasil panen pertanian di wilayahnya

“Menurut keterangan salah seorang petani, Soal pencemaran air limbah ini memang sudah lama terjadi. Dan ini sudah kita keluhkan ke perusahaan, tapi tidak ada tanggapan. Selama ini saya terpaksa juga memanfaatkan air limbah ini karena di musim kemarau sudah tidak ada sumber air lagi yang bisa dimanfaatkan,” ucap salah satu petani yang tidak mau di sebut kan namanya (50) kepada media .

Baca Juga  Pemilu 2024, Bupati Dadang Supriatna: Partisipasi Masyarakat Pemilih Kab Bandung di Atas 80 Persen

Lebih lanjut ia menjelaskan, pencemaran limbah terhadap aliran irigasi pertanian itu sudah terjadi sejak beberapa tahun lalu, karena pada lima tahun lalu dirinya pun sudah merasakan dampak dari pencemaran limbah pabrik tersebut.

“Karena sejak saya garap lahan ini pun sudah ada pencemaran. Apa lagi sekarang kan musim kemarau, dampak limbah itu semakin parah saja,” katanya.

Ia menyampaikan, atas adanya pencemaran limbah yang langsung berdampak pada lahan pertanian itu, warga pun mengeluhkan air yang tercemar limbah perusahaan, warga yang berada di dekat aliran sungai setempat sangat memerlukan air irigasi karena air irigasi menjadi kebutuhannya

Penulis: Redaksi Editor: Admin