Berita  

Persiapan KPPS Menghadapi Pemilihan Umum 2024 di Desa Cihauk, Kabupaten Bandung

Persiapan KPPS Menghadapi Pemilihan Umum 2024 di Desa Cihauk, Kabupaten Bandung

Bandung – mediapatriotindonesia.com

Menjelang pemilihan umum yang akan digelar pada tanggal 14 Pebruari 2024, Desa Cihauk telah memulai persiapannya. Ahmad Kosasih, Ketua KPPS Desa Cihauk, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, mengumumkan bahwa proses penerimaan calon anggota KPPS di tiap TPS (Tempat Pemungutan Suara) sedang berlangsung.

Pendaftaran calon anggota KPPS dimulai pada tanggal 11 hingga 20 Desember, bersamaan dengan pemeriksaan kesehatan oleh pihak dokter puskesmas. Pemeriksaan melibatkan pengukuran gula darah dan kolesterol, sebagai salah satu persyaratan utama calon anggota KPPS.

Ahmad Kosasih menjelaskan bahwa setiap TPS akan memiliki 7 anggota KPPS dan didukung oleh 2 personel keamanan (Pam). Dalam hal terjadi kelebihan kuota calon anggota KPPS, akan dilakukan seleksi yang mencakup aspek administrasi, pendidikan, pengalaman kepemiluan, pemeriksaan rekam jejak politik (Sipol), dan kesehatan.

Baca Juga  Ditlantas Polda Jateng Gelar Sosialisasi ETLE Drone Lagi di Kabupaten Blora

“Kesehatan menjadi fokus kami dengan pemeriksaan gula darah, kolesterol, dan kunjungan ke dokter,” ungkap Ahmad Kosasih. Ia menambahkan bahwa untuk mengantisipasi keadaan darurat, terdapat juga persiapan Penggantian Antar Waktu (PAW) jika ada anggota KPPS yang sakit pada saat-saat kritis.

Ahmad berharap pemilu ini berjalan dengan aman dan damai, sukses tanpa adanya ekses, serta menarik partisipasi masyarakat dengan antusiasme tinggi dalam memberikan suaranya. Semua persiapan ini bertujuan untuk menjaga integritas dan transparansi dalam pelaksanaan pesta demokrasi ini.