Berita  

Pengembangan Irigasi Tersier oleh Kelompok Tani Harapan 4 Desa Mekarsari di Kabupaten Bandung

Pengembangan Irigasi Tersier oleh Kelompok Tani Harapan 4 Desa Mekarsari di Kabupaten Bandung

Bandung – mediapatriotindonesia.com

Kiprah Petani Tradisional dalam Membangun Kedaulatan Pangan

Dalam upaya mencapai kemerdekaan pangan, Indonesia terus mengejar berbagai strategi di sektor pertanian. Kelompok Tani Harapan 4 Desa Mekarsari, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung, menjadi contoh keberhasilan dalam membangun irigasi tersier.

Ketua kelompok, H. Didin, mengungkapkan bahwa meskipun tenaga kerja di pertanian tradisional semakin berkurang dan didominasi oleh generasi tua, semangat bercocok tanam tetap tinggi. Anak muda cenderung menghindari pertanian, memilih buruh pabrik, dan semakin jauh dari sawah.

Didin menyoroti pembangunan irigasi tersier kelompoknya yang unik, tidak melibatkan pihak ketiga, melainkan melalui swaklola petani. Mereka menekankan kualitas dan swadaya masyarakat, menambah volume panjang irigasi sejauh 30 meter dengan anggaran dari kelompok tani sendiri.

Baca Juga  Polres Blora Bantu Warga Yang Terkena Musibah Kebakaran Rumah

Sebagai bukti sejarah, prasasti dipasang sebagai penghargaan terhadap perjuangan mereka. Didin mengucapkan terima kasih kepada Ibu Heni, koordinator pertanian wilayah Ciparay, yang senantiasa membimbing kelompok ini.

Pengurus kelompok tani Harapan 4 berharap musyawarah tetap menjadi landasan kesepakatan, dan seluruh pembangunan, khususnya irigasi tersier, dilaksanakan oleh masyarakat tani. Dengan ini, mereka berkontribusi dalam mewujudkan kemerdekaan pangan Indonesia.