Berita  

Nomor HP Ketua LSM Pandji Kebangsaan Dibajak, Digunakan Penipuan

Nomor HP Ketua LSM Pandji Kebangsaan Dibajak, Digunakan Penipuan

Temanggung, mediapatriotindonesia.com

Ketua LSM Pandji Kebangsaan dan pengacara anggota Peradi Temanggung, Yuniarto SH, melaporkan kasus cyber crime kepada Satreskrim Polres Temanggung. Kasus ini harus dituntaskan oleh pihak kepolisian, karena dampaknya merugikan masyarakat luas. Pelaku kejahatan yang diduga merupakan sindikat, telah menggunakan nomor WhatsApp (WA) milik Yuniarto untuk aksi penipuan berantai.

“Dengan demikian, ada dua kasus yang kami laporkan kepada kepolisian yakni kejahatan cyber berupa pembajakan nomor telepon dan penipuan. Kami mendorong dan terus mengawal pihak kepolisian bisa mengungkap dan menangkap pelakunya. Sudah ada bukti faktual berupa nomor rekening pelaku, yang digunakan untuk menipu korban. Kasus semacam ini berbahaya, data pribadi bisa disabotase begitu saja oleh pelaku dan berpotensial untuk melakukan aksi-aksi kejahatan dalam bentuk lain, pembunuhan misal,” ungkap Yuniarto usai dimintai keterangan oleh penyidik SatReskrim Unit III Polres Temanggung, Selasa (9/7/2024).

Baca Juga  Soleman Pembina Forki Kabupaten Bekasi Berikan Apresiasi Untuk Aulia Atlit Karate-do Peraih Medali Emas

Yuniarto atau akrab disapa Yonex, beberapa waktu lalu mengalami kejadian nomor WA miliknya menerima sebuah pesan mirip pesan suara yang masuk ke ponselnya. Saat isi pesan tersebut diklik dan tiga detik kemudian isi pesan mirip loading mendownload file. Setelah itu tiba-tiba, aplikasi WA Yonex tidak berfungsi sama sekali dan terkunci. WA tersebut tidak dapat dipergunakan untuk mengirim pesan.

Penulis: Hery S Kabiro Temanggung Editor: Nurhasan