Berita  

Ngopi ( Ngobrol Pendidikan Islam) di Sumedang, K.H.Maman Imanulhaq Soroti Ketimpangan Anggaran Pendidikan Keagamaan

Ngopi ( Ngobrol Pendidikan Islam) di Sumedang, K.H.Maman Imanulhaq Soroti Ketimpangan Anggaran Pendidikan Keagamaan

Sumedang – mediapatriotindonesia.com
Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumedang mengikuti kegiatan Ngobrol Pendidikan Islam (Ngopi) bersama Anggota Komisi VIII, DPR RI, Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa, KH.Maman Imanulhaq, pada hari Jumat 25 Agustus 2023 di Saphire City Park Sumedang.

Kegiatan Ngopi ini memberikan wawasan tentang perkembangan dunia pendidikan di Indonesia Khususnya di Sumedang dan menyerap isu-isu terkini tentang pendidikan Islam, agar mutu pendidikan Islam dapat terus ditingkatkan.

Kegiatan ini dihadiri oleh 50 orang dari unsur praktisi pendidikan, pengelola pendidikan, wali santri, Tokoh Masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Dunia pendidikan kini telah berada di dalam suatu era kemajuan yang dihubungkan oleh teknologi serta perangkat komunikasi dan informasi berbasis digital. Meski Begitu ternyata dalam pendidikan Islam,terdapat hal yang mencolok yaitu Ketimpangan Anggaran Pendidikan Keagamaan yang dikelola Kemetrian Agama.

Baca Juga  Tiga Tuntutan Untuk Bisa Di Kabulkan Oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi. Saat Aksi Gerakan Melamar Kerja Serentak

Anggaran Pendidikan adalah 20% dari APBN dan APBD sesuai UUD 1945 pasal 31 ayat 4 yang berbunyi “Negara memprioritaskan anggaran pendidikan sekurang-kurangnya dua puluh persen dari anggaran pendapatan dan belanja negara serta dari anggaran pendapatan dan belanja daerah untuk memenuhi kebutuhan penyelenggaraan pendidikan nasional.” (UUD 1945 pasal 31 ayat 4).

Kementerian yang mempunyai fungsi pendidikan antara lain Kemendikbud, Kemenag, dan kementerian lain yang mempunyai fungsi pendidikan.