Berita  

Muhamad Fauzi : Selamat Hari Tani Nasional, Pemerintah Kabupaten Bekasi Wajib Perhatikan Petani

Muhamad Fauzi : Selamat Hari Tani Nasional, Pemerintah Kabupaten Bekasi Wajib Perhatikan Petani

Kabupaten Bekasi – mediapatriotindonesia.com
Ucapan Hari Tani Nasional 2023 ditujukan untuk mengapresiasi kinerja para petani yang dengan gigih bekerja di sawah. Seperti yang diketahui, Indonesia dikenal sebagai negara agraris, sehingga tidak heran jika profesi petani wajib didukung oleh Pemerintah Pusat maupun daerah.

Muhamad Fauzi selaku aktivis Agraria dan lingkungan hidup mengurai beberapa permasalahan yang wajib Negara dan Pemerintah dengarkan. Pertama, sebagian besar penduduk Indonesia berprofesi sebagai petani, tapi perhatian dan dukungan pemerintah terhadap sektor pertanian kurang optimal. Menjelang panen raya pada Maret 2023, petani malah dapat kado pil pahit dari pemerintah. Badan Pangan Nasional (Bapanas) menetapkan harga acuan pembelian gabah dan beras di bawah harga pasar.

Kedua, ancaman krisis pangan sebagai dampak dari perubahan iklim bukan sekadar isapan jempol. Menurut dia, kencangnya laju perubahan iklim berdampak pada ketahanan pangan nasional akibat hasil panen menurun hingga gagal tanam. Hal tersebut dilihat dari perubahan iklim dan cuaca ekstream tidak menentu.

Baca Juga  Polres Blora Gelar Apel Konsolidasi Pengamanan TPS Operasi Mantab Brata Candi 2023 - 2024

Ketiga, Kekeringan: El Nino sering dikaitkan dengan peningkatan suhu permukaan laut dan penurunan curah hujan di beberapa wilayah. Hal ini dapat menyebabkan kekeringan yang berkepanjangan, mengurangi ketersediaan air untuk pertanian. Tanaman membutuhkan air yang cukup untuk tumbuh dengan baik, dan kekurangan air dapat menghambat pertumbuhan tanaman dan mengurangi hasil panen. Maka, Pemerintah Pusat, Kementerian Pertanian, sampai kepada pelaksana di tingkat Daerah suatu kewajiban mengutamakan saluran air dan pendistribusian yang jelas kepada wilayah-wilayah Kabupaten Bekasi yang terdampak kekeringan serta gagal tanam. Ujar Muhamad Fauzi