Berita  

Mendag Hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Ketupat 2024

Mendag Hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Ketupat 2024

Jakarta – mediapatriotindonesia.com
Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan menghadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Ketupat 2024 yang diselenggarakan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) di Bidakara Tower, Jakarta, Senin (25 Mar). Rakor dipimpin langsung oleh Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Mendag menyampaikan bahwa inflasi pangan relatif terkendali pada awal 2024, tetapi pemerintah terus mengantisipasi kecenderungan secara historis inflasi yang meningkat setiap periode Ramadan–Idulfitri.

Kemendag bekerja sama dengan dinas yang membidangi perdagangan di seluruh Indonesia terus memantau perkembangan harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok secara daring dan harian melalui Sistem SP2KP (Sistem Pemantauan Pasar Kebutuhan Pokok). Hal tersebut dilakukan di lebih dari 550 pasar rakyat yang tersebar di 503 kabupaten/kota di 38 provinsi di seluruh Indonesia.

Baca Juga  Tingkatkan Kemampuan, Babinsa Dan Bhabinkamtibmas Latih Serta Berikan Pembekalan Kepada Linmas

Mendag mengungkapkan bahwa pemerintah terus berkomitmen untuk memastikan ketersediaan pasokan dan menjaga harga bapok di tingkat yang wajar, sehingga masyarakat mendapatkan barang dengan mudah dan murah.

Mendag mengapresiasi kerja sama yang telah terjalin dengan sangat baik antara Kemendag dengan Polri, terutama Satgas Pangan yang telah menjaga situasi pasar selama periode puasa dan menjelang Lebaran 2024.

Rakor tersebut turut dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy; Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi; Wakil Menteri Agama, Saiful Rahmat Dasuki; Panglima TNI, Jenderal Agus Subiyanto; serta perwakilan Kementerian PUPR, Pertamina, Basarnas, dan BNPB.