Budaya  

Melestarikan Tradisi Nenek Moyang, Desa Plantungan Blora Melaksanakan Sedekah Bumi

Melestarikan Tradisi Nenek Moyang, Desa Plantungan Blora Melaksanakan Sedekah Bumi

Blora- mediapatriotindonesia.com
Desa Plantungan Kecamatan Blora, Kabupaten Blora merupakan salah satu desa yang selalu melestarikan tradisi sedekah bumi, setiap tahunnya sedekah bumi dilaksanakan pada Jumat Pahing.

Hal tersebut lantaran tradisi sedekah bumi dimaknai sebagai wujud syukur kepada Tuhan yang telah memberikan hasil bumi melimpah. Namun demikian, oleh sebagian besar masyarakat menganggap bahwa tradisi seperti ini masih dikaitkan dengan sejumlah mitos.

Desa Plantungan Blora menggelar sedekah bumi setiap setahun sekali tepatnya di hari Jumat pahing dan hiburan kesenian budaya Tayub dengan 3 waranggono warti dari desa Ngantulan, Jeni Banjarejo, Tutik Polsewu Blora dan juga ada wayang Krucil dengan dalang Ki Nurwanto.

Dalam sambutannya, kepala Desa Plantungan berharap semoga warga masyarakat ditahun depan panennya tambah melimpah ruah. Kepala Desa juga menghimbau pada warga untuk sedekah dengan ikhlas dan diberikan kesehatan semua.

Alhamdulillah semua bisa terlaksana dengan baik, semoga ke depan desa ini menjadi desa yang semakin tentram dan rakyatnya bisa bekerja dengan lancar dan mendapat barokah,”tuturnya”

Tradisi dilaksanakan mulai pukul 13.00 WIB dan di dampingi oleh Kepala Desa, Perangkat Desa, serta Forkopimcam Kecamatan Blora sehingga acara berjalan dengan aman dan tertib.

Lokasinya, berada di tengah desa setempat. Sendang peninggalan leluhur inilah lebih dikenal dengan sebutan sendang “Tinongo”. Dilanjutkan dengan doa atau bancakan, dalam panjatan doa, sesepuh desa Plantungan kecamatan Blora, Kabupaten Blora bersyukur atas limpahan karunia dari sang pencipta dan memohon agar masyarakat desa setempat diberikan kedamaian serta kesejahteraan.

Usai selamatan, puluhan warga yang turut hadir mendapat nasi berkatan. Agar tidak rebutan, aparatur desa membagikan secara rata. Namun, untuk masyarakat dari luar wilayah tidak pula ketinggalan diperbolehkan datang.

Salah satu warga pipit mengatakan sebagai generasi muda sangat bangga dengan adanya acara sedekah bumi yang mana Peninggalan nenek moyang kita masih tetap terjaga dan di pertahankan di era modern, dan berharap kedepannya bisa maju lagi dengan adanya event tertentu juga ada hiburan.”ucapnya”

Penulis: LilisEditor: Redaksi