Berita  

Komunitas Bakul Jajan Menatap Optimis KITB

Komunitas Bakul Jajan Menatap Optimis KITB

Batang – mediapatriotindonesia.com
Kehadiran Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) digadang-gadang oleh Pemerintah Pusat sebagai penggerak perekonomian domestik maupun nasional. Kehadiran KITB di Kabupaten menjadi pemantik selama diskusi berlangsung saat Kampung Hijrah melakukan kunjungan kepada Komunitas Bakul Jajan di Jalan Gajahmada No. 190, RT. 01/RW. 03, Kelurahan Proyonanggan Selatan, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang, Minggu, (10/9/2023).

Menurut Subiandono, salah satu pengurus Komunitas Bakul Jajan bahwa keseharian sesama pembuat kue yang memasarkan produksinya ke pasar-pasar, warung maupun berkeliling langsung ke sekolah maupun kantor-kantor telah memunculkan suatu ikatan dan kemudian membuat forum. Dalam forum yang merupakan wadah silaturahim antar pembuat kue ini dilakukan beragam kegiatan seperti halnya mengunjungi dan meringankan teman yang sedang sakit maupun sharing (tukar pengalaman) tentang pembuatan kue.

Dengan adanya forum silaturahmi antar pembuat kue inilah embrio (tahap awal) lahirnya Komunitas bernama Bakul Jajan. Banyak hal jatuh-bangun yang dialami dan disampaikan pembuat kue yang tergabung dalam Komunitas Bakul Jajan mulai dari terbatasnya modal, peralatan maupun pemasaran.

Baca Juga  Mengutuk Tindakan Genosida, Saat Aksi Aliansi Masyarakat Kabupaten Bekasi Peduli Palestina

Bagi Novi, salah satu pengurus komunitas ini, solusi pemasaran bagi penjualan kue agar terserap habis setiap harinya harus dicari dan diciptakan. Penyelenggaraan event/acara yang dilakukan secara kontinyu/berkelanjutan harus dilakukan untuk mempromosikan dan mengenalkan produk kue dari Komunitas Bakul Jajan.