Berita  

Ini Pesan Bawaslu Blora Saat Gelar Apel Siaga Pengawasan Tahapan Kampanye Pemilu 2024

Ini Pesan Bawaslu Blora Saat Gelar Apel Siaga Pengawasan Tahapan Kampanye Pemilu 2024

BLORA – mediapatriotindonesia.com
Saat menggelar Apel Siaga Pengawasan Tahapan Kampanye Pemilu tahun 2024, di di Alun-Alun Blora, Selasa (28/11/2023), sejumlah pesan disampaikan Bawaslu Blora.

Ketua Bawaslu Blora, Andyka Fuad Ibrahim di apel yang menghadirkan pengurus partai politik peserta pemilu di Kabupaten Blora dan sejumlah instansi di Blora itu, menyampaikan tentang prinsip penyelenggara Pemilu, terutama sebagai Pengawas Pemilu.

“Tugas kita sebagai pengawas pemilu, awasi, cegah dan tindak. Dalam pengawasan, kita lebih mengedepankan pencegahan terlebih dahulu, baru penindakan,” tandas Andyka di acara yang dihadiri oleh 494 Pengawas Pemilu di seluruh jajaran Pengawas Pemilu di Blora, dari tingkat PKD, Panwaslucam se-Kabupaten Blora itu.

Baca Juga  Warga Desa Cijati Kec. Manis Purwakarta Terkait BPNT: Sedih Juga Uang Sudah Ditangan Namun Diminta Lagi

Ditandaskan Andyka, fokus pengawasan dalam tahapan kampanye yang akan berlangsung selama 75 hari, dimulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, adalah politik uang, netralitas ASN, berita hoaks, ujaran kebencian, dan isu SARA.

Sebagai upaya untuk mencegah terjadinya pelanggaran dalam tahapan kampanye tersebut, Bawaslu Blora menggelar Apel Siaga dalam persiapan pengawasan kampanye. “Apel siaga ini adalah bentuk dari kesiapan kita dalam pengawasan Pemilu Serentak 2024,” tambah Andyka.

Dalam apel, dilakukan dengan pemukulan kentongan dan penandatanganan pakta integritas dari jajaran Penyelenggara Pemilu (Bawaslu dan KPU Kabupaten Blora), Forkompimda Kabupaten Blora, dan seluruh Parpol peserta Pemilu 2024 di Blora.