Berita  

Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 Hijriah, Jatuh Pada 22 April 2023

Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 Hijriah, Jatuh Pada 22 April 2023

Jakarta, Media Patriot Indonesia.
Sidang Isbat Penetapan 1 Syawal 1444H yang dilaksanakan secara tertutup di auditorium HM Rasjidi Kementerian Agama Jakarta. Kamis, (22/4/23)

Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan Hari Raya Idul Fitri atau 1 Syawal 1444 Hijriah di Indonesia jatuh pada Sabtu 22 April 2023.

Penetapan tersebut berdasarkan hasil sidang Isbat penentuan awal Syawal 1443 H yang dipimpin langsung Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Kamis (20/4/23) malam.

“Mufakat menetapkan 1 Syawal 1444 Hijriah jatuh pada hari Sabtu tanggal 22 April 2023,” Jelas Yaqut.

Tim Kemenag telah mengamati posisi hilal di 123 titik seluruh provinsi di Indonesia. Yang berasal dari petugas Kanwil Kemenag yang bekerja sama dengan Pengadilan Agama, ormas Islam serta instansi terkait.

Baca Juga  Pemerintahan Desa Depok Diduga Tidak Transparansi Dan Minim Keterlibatan Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Dana Desa

Hasilnya, sejumlah daerah melaporkan ketinggian hilal masih di bawah tiga derajat. 

Sidang Isbat tersebut dihadiri oleh Komisi VIII DPR RI, pimpinan MUI, Duta Besar Negara Sahabat, perwakilan ormas Islam, serta team hisab Rukyat Kementerian Agama. Mereka semua bersama-sama mengikuti proses penetapan 1 Syawal 1444H melalui pemantauan rukyatul hilal dan perhitungan hisab.

Penetapan ini telah ditunggu-tunggu oleh umat Islam di seluruh Indonesia yang ingin merencanakan kegiatan dan persiapan menyambut hari raya Idul Fitri. Sidang Isbat kali ini sangat penting karena menentukan kapan Idul Fitri akan tiba, sehingga umat Islam dapat mengetahui kapan waktu untuk melaksanakan lebaran.

Penulis: Shndy M Editor: Novia