Berita  

“FGD Pembinaan dan Evaluasi Pengelolaan BumDes,” Jajang Heryana Mendorong Pengembangan dan Penataan Pasar Desa Buahdua

“FGD Pembinaan dan Evaluasi Pengelolaan BumDes,” Jajang Heryana Mendorong Pengembangan dan Penataan Pasar Desa Buahdua

Sumedang – mediapatriotindonesia.com Kesiapan BUMDes untuk Pengembangan Usaha Ekonomi Masyarakat masih menjadi topik hangat di Kabupaten Sumedang. Bahasa itu dituangkan dalam Focus Group Discussion (FGD) yang digelar DPMD bersama Kecamatan Buahdua Sumedang , tepatnya di Aula Kecamatan Buahdua, Selasa (25/7/2023),

Narasumber yang hadir dalam FGD itu diantaranya Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sumedang, Jajang Heryana, S.E.
Dalam paparannya, Jajang menilai BUMDes sangat siap dalam pengelolaan serta Pengembangan Usaha Ekonomi Masyarakat.

BUMDes butuh niat baik untuk pengelolaan yang lebih baik ke depan. Tujuannya untuk meningkatkan pendapatan desa dan mengoptimalisasi penggunaan aset desa. Dalam proses pengelolaannya, BUMDes juga dituntut secara profesional melihat potensi pasar yang dapat meningkatkan pendapatan.

Baca Juga  Sebanyak 6 Atlet Duathlon Batalyon Infanteri 410, Mengikuti Kegiatan Event Lomba Duathlon Wonosobo 2023

“Alhamdulilah dari 14 desa 13 desa sudah aktif Bumdes-nya dan satu desa ini masih perlu kita support baik materi maupun semangatnya kepada calon pengelola, karena memang Bumdes-nya sudah ada akan tetapi Pengelolaanya belum dibentuk yaitu desa Panyindangan,” jelas Jajang pada awak media.
Jajang berharap DPMD bersama Kecamatan memonitor langsung sehingga perwujudan dari aktivasi bumdes Panyindangan segera terwujud.

“Data yang disampaikan dari DPMD tadi dari 270 desa sudah 270 desa memiliki bumdes tetapi sebagian belum berbadan hukum, mudah mudahan kedepan setelah FGD ini khususnya di Kecamatan Buahdua bumdes yang ada ini sudah berbadan hukum dan aktifitas selanjutnya untuk kesejahteraan masyarakat di masing masing desa.” Imbuhnya.