Berita  

Dihadapan Ribuan Petani di Sumedang, Menhan Prabowo: Kalian Adalah Patriot Sejati

Dihadapan Ribuan Petani di Sumedang, Menhan Prabowo: Kalian Adalah Patriot Sejati

Sumedang – mediapatriotindonesia.com,
Prabowo Subianto hadir ke Sumedang bersama Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman dalam rangka Pembinaan Penyuluh Pertanian dan Petani serta Food Estate Partisipatif Provinsi Jawa Barat
yang dilaksanakan di Lapangan Pusat Pemerintah Sumedang (PPS) Selasa, (30/1/2024).

Kegiatan Pembinaan Penyuluh Pertanian dan Petani serta Food Estate Partisipatif Provinsi Jawa Barat sendiri dihadiri oleh sebanyak 60 ribu orang yang terdiri dari Petani, peternak dan Kades se-Sumedang, Poktan dan Poknak se-Jabar, Penyuluh, Kades se-Jabar, LMDH Banten dan Jabar dan tamu undangan lainnya.

Penjabat Bupati Sumedang Herman Suryatman membuka sambutannya dalam acara tersebut dengan mengutip sebuah aforisme dari Thucydides seorang ahli sejarah Yunani yang berbunyi “Yang kuat melakukan apa yang harus mereka lakukan dan yang lemah menerima apa yang harus mereka terima”.

Baca Juga  Untuk Menjaga Kebersamaan, Koramil Sumber Bersama Polsek Halal Bihalal di Randu gunting Blora

Herman pun kemudian memaparkan soal Program STARBAK, Satu Hektare Buruh Tani Bangkit atau Satu Desa Satu Hektare yang merupakan aktualisasi dari food estate partisipatif melalui budidaya padi dan jagung.

“Tahun 2023 lalu, program STARBAK dilaksanakan di 26 Desa dan untuk 2024 ini, program ini akan dilanjutkan di 251 desa sehingga seluruh desa di Sumedang memiliki ketersediaan pangan memadai,” katanya.

Program STARBAK merupakan program sinergitas dengan 2.510 mahasiswa dari 111 perguruan tinggi melalui program KKN tematik bertajuk Gotong Royong Membangun Desa.