Berita  

Destinasi Liburan di Kota Tua Jakarta

Destinasi Liburan di Kota Tua Jakarta

Jakarta – mediapatriotindonesia.com
Sehari lagi memasuki libur Sekolah selesai, Kota Tua Jakarta di serbu dengan Masyarat yang berlibur tanpa harus mengeluarkan biaya mahal. (7/1/2024).

Wisata Kota Tua merupakan salah satu destinasi populer di Jakarta. sembari berekreasi, wisatawan bisa mengenal sejarah Jakarta yang kala itu masih bernama Batavia.

Kota Tua Jakarta masuk wilayah Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat. Wisatawan yang ingin berkunjung ke Kota Tua Jakarta bisa memilih transportasi umum seperti KRL dan Transjakarta.

Ada beragam tempat wisata yang bisa dijumpai di kawasan Kota Tua Jakarta. Mayoritas, memiliki bangunan bergaya kolonial yang sarat akan nilai sejarah.

Dalam sejarah singkat Kota Jakarta, menyebutkan, bahwa Kota Tua Jakarta juga dikenal sebagai Kota Batavia Lama atau Oud Batavia. Kawasan ini dulunya merupakan pusat pemerintahan Batavia, dengan luas wilayah sekitar 15 hektare.

Baca Juga  DAMPAK GALIAN TANAH MERAH JALAN MENJADI LICIN DAN BERBAHAYA

Kawasan Kota Tua Jakarta memiliki banyak destinasi wisata sejarah. Banyak bangunan bersejarah yang sudah berdiri sejak zaman dahulu serta masih kokoh hingga saat ini.

Museum Fatahillah dulunya merupakan gedung balai kota yang juga sekaligus sebagai ruang pengadilan. Bahkan ada juga penjara bawah tanah. Hal ini menyebabkan masih banyak barang-barang peninggalan dari zaman Belanda yang terdapat di dalam Museum Fatahillah. Dulunya museum Fatahillah lebih terkenal disebut dengan Museum Batavia pada zaman penjajahan VOC.