Berita  

Cegah Banjir, Normalisasi Sungai Serang Wulan Drainase Satu Dan Dua Di Perkirakan Selesai Tahun Ini

Cegah Banjir, Normalisasi Sungai Serang Wulan Drainase Satu Dan Dua Di Perkirakan Selesai Tahun Ini

JEPARA – Normalisasi Sungai Serang Wulan Drainase (SWD) I dan II di Kabupaten Jepara, tahun ini dipastikan rampung seluruhnya, termasuk penambahan prasarana penunjang.

Hal itu disampaikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI Mochamad Basoeki Hadimoeljono, saat meninjau kondisi sungai di Desa Dorang, Kamis (12/1/2023).

Menurutnya, pengerjaan normalisasi untuk kedua sungai ini sebenarnya sudah dilakukan. Namun, baru sepanjang 10 kilometer dari target 32 kilometer pada Sungai SWD I. Sedangkan pada SWD II, baru tujuh kilometer dari 23 kilometer.

“Tahun ini insyaallah selesai, hanya kurang sedikit,” kata Basoeki.

Disampaikan, SWD I dan II merupakan prasarana pengendali banjir, dengan mengalirkannya ke laut. Dikarenakan ada sendimentasi, air sungai melimpas kala hujan deras dengan peningkatan debit air.

Baca Juga  Momentum Hari Pahlawan, 2 Aksi Massa dari Bekasi Jadi Sorotan Nasional..

“Sebenarnya ini sudah ada prasarananya pengendalian banjir, tapi mengalami pendangkalan,” jelasnya.

Di samping upaya normalisasi, lanjut Basoeki, pihaknya juga berencana membuat saluran kolektor antara kedua sungai tersebut. Fungsinya, sebagai pengumpul debit dari saluran drainase yang lebih kecil. Sistem itu pun dilengkapi dengan pompa dan pintu air. Demikian pula pengoptimalan Sungai Kalimati, yang menghubungkan SWD I dan SWD II, sehingga harapannya tidak menggenangi kawasan di sana.

“Antara dua SWD ini tidak ada drainasenya, sehingga air ini menggenang. Kita bikin collector drain,” terangnya.

Penulis: Biro Pati Editor: Novia