Berita  

Bisnis Menggiurkan Bos Tak Bertanggung Jawab Melalui Eksploitasi Anak di Bekasi

Bisnis Menggiurkan Bos Tak Bertanggung Jawab Melalui Eksploitasi Anak di Bekasi

Bekasi – mediapatriotindonesia.com
Permasalahan Sosial di Bekasi, masalah ekonomi mendorong sebagian masyarakat menengah ke bawah untuk mencari solusi cepat demi bertahan hidup. Sayangnya, fenomena eksploitasi anak menjadi salah satu cara yang digunakan, menciptakan bisnis menggiurkan bagi para bos yang tidak bertanggung jawab.

Defenisi eksploitasi anak adalah tindakan sewenang-wenang dan perlakuan yang bersifat diskriminatif terhadap anak yang dilakukan oleh masyarakat ataupun keluarga dengan tujuan memaksa anak tersebut untuk melakukan sesuatu tanpa memperhatikan hak anak seperti perkembangan fisik dan mentalnya.

Eksploitasi anak dibawah umur berarti mengeksploitasikan anak untuk melakukan tindakan yang menguntungkan pada segi ekonomi,sosial ataupun politik tanpa memandang umur anak yang statusnya masih hidup dimasa kanak kanaknya (kurang dari 17 tahun).

Dampak dari kegiatan eksploitasi anak ini sangat merugikan. Anak-anak yang seharusnya menikmati masa kecil mereka terpaksa terlibat dalam situasi yang mengancam keamanan dan kesejahteraan mereka. Mereka menjadi budak dalam bisnis yang seharusnya dihentikan demi perlindungan hak dan masa depan generasi penerus.

Baca Juga  Kapolres Wonogiri Ajak Tokoh Agama Jaga Kamtibmas Dalam Pemilu 2024

Anak-anak ini dipaksa untuk mengamen dan mengemis di sudut-sudut kota Bekasi, bahkan di beberapa lampu merah. Praktik ini tidak hanya mencoreng keberlanjutan masa depan mereka, tetapi juga membahayakan keselamatan mereka di jalan. Terlibat dalam kegiatan seperti ini dapat menyebabkan dampak traumatis yang mungkin terus membayangi mereka sepanjang hidup.