Berita  

Beberapa Kabupaten di Jabar Naik UHC, BPJS kesehatan Jabar Optimis Capai Target 98 Persen UHC.

Beberapa Kabupaten di Jabar Naik UHC, BPJS kesehatan Jabar Optimis Capai Target 98 Persen UHC.

Sumedang, Mediapatriotindonesia.com,

Universal Health Coverage (UHC) di Jawa Barat (Jabar) sudah mencapai 97 persen. Targetnya, tahun ini UHC bisa mencapai 98 persen. Meskipun demikian, dari sisi keaktifan dalam membayar baru mencapai 75 persen.

Alhamdulillah masuk beberapa kabupaten yang naik UHC nya yakni Kabupaten Garut, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Bogor,” ujar Deputi Wilayah V BPJS Kesehatan, Siswandi saat acara Media Gathering di Lembah Ciwidey, Desa Alam Endah Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung , Kamis (13/6/2024)

Siswandi berharap, pemerintah kabupaten dan kota memahami pentingnya cakupan UHC. Karena, semakin tingginya UHC menunjukkan jaminan pelayanan kesehatan yang semakin baik. “Dari 27 kabupaten dan kota di Jawa Barat tinggal lima kabupaten yang belum mencapai target UHC,” katanya.

Baca Juga  Pansus DPRD Kab Bekasi diminta Holdback Raperda Limbah dan Sampah.

Siswandi berharap, media bisa membantu mensosialisasikan pentingnya BPJS Kesehatan ini khususnya dalam pembayaran premi. Karena peserta mandiri atau Pekerja Bukan Penerima Upah banyak yang menunggak pembayaran preminya.

Lebih lanjut, Siswandi menjelaskan, Jabar mendapatkan anggaran untuk perawatan fasilitas kesehatan terbesar kedua setelah Jawa Tengah yaitu sebesar Rp 29,2 triliun. Namun BPJS Kesehatan mengalami defisit sekitar Rp7 triliun karena penerimaan premi baru Rp22 triliun.

Oleh karena itu harus dicarikan solusinya agar keberlangsungan pelayanan BPJS Kesehatan di Jabar tetap berjalan dengan baik,” pungkasnya.

Penulis: Aep Sunarya Kabiro Sumedang Editor: Admin