3 Caleg PKS, Teti Lestari, Faizal Hafan Farid dan Jalal Abdul Nasir Kembali Bangkitkan Seni Silat Ujungan Khas Bekasi

3 Caleg PKS, Teti Lestari, Faizal Hafan Farid dan Jalal Abdul Nasir Kembali Bangkitkan Seni Silat Ujungan Khas Bekasi

BEKASI – mediapatriotindonesia.com
Menjaga tradisi seni dan budaya di tengah kemajuan zaman merupakan hal yang perlu dilakukan. Salah satunya dengan membangun komunitas-komunitas seni di tengah masyarakat dan menampilkan beragam pentas seni tradisional di setiap event maupun pagelaran.

“Kita ingin mengangkat kembali seni Pencak Silat Ujungan khas Kabupaten Bekasi yang menjadi bagian dari perjalanan panjang peradaban di Bekasi,” kata Teti Lestari, calon anggota DPRD Kabupaten Bekasi dapil 2, Cibitung dan Kecamatan Cikarang Barat dalam sambutannya pada Kirab Budaya dan Launching Padepokan Pencak Silat Ki Sayan di Kampung Jayaraga Desa Sukadanau Kecamatan Cikarang Barat Kabupaten Bekasi, Sabtu (16/12/2023) siang. 

Silat Ujungan, kata dia, merupakan hasil perkawinan antara budaya Bekasi dan Sunda berupa seni ketangkasan beladiri yang sering dipertandingkan para Jawara Bekasi dahulu kala. 

Baca Juga  Debat Perdana Capres dan Cawapres Hari Ini Digelar, Ini Tema Debatnya Hingga Februari Nanti

“Alhamdulillah hari ini kita bisa melihat kembali Seni Ibing Silat Ujungan dalam momentum launching Padepokan Pencak Silat Ki Rayan cabang Desa Sukadanau,” kata caleg PKS nomor urut 5 dapil Cibitung, Cikarang Barat itu. 

Teti Lestari berjanji, bersama 2 caleg tandemnya dari PKS untuk DPRD Provinsi Jawa Barat, H. Faizal Hafan Farid dan caleg PKS untuk DPR RI, H. Jalal Abdul Nasir akan melestarikan seni Pencak Silat Ujungan dengan konsep clustering strategy, yakni membangun komunitas-komunitas dalam cakupan kewilayahan.